Strategi Konten untuk Mendatangkan Pengunjung (2021).

content marketing, writers, content writers

Berbicara traffic organik, Sumber utama Pengunjung blog datang dari search engine. Karenanya dibutuhkan volume pencarian untuk kata kunci blog anda.

Setiap artikel dalam blog harus fokus pada satu keyword utama. Keyword tersebut diterapkan di beberapa bagian yakni:

  1. Letakkan keyword di URL permanen blog.
  2. Sertakan keyword di judul artikel.
  3. Masukkan keyword di paragraf pertama atau kedua dari artikel.
  4. Sertakan keyword ke dalam Headings atau Sub judul.
  5. Masukkan keyword ke dalam tubuh artikel.

Tulis sebanyak 5-10 keyword teratas yang akan anda bahas. Jika sudah punya, saatnya menulis. Artikel yang memiliki foto, infografis, dan konten visual lain membuat pembaca lebih nyaman dan “masuk” ke dalam pembahasan.

Menulis Artikel yang Sesuai dengan Search Intent.

Saat menyusun strategi konten, pikirkan tentang apa yang diinginkan oleh pembaca ketika melakukan pencarian tentang keyword yang sudah anda targetkan.

Tidak perlu lagi untuk bertele-tele dalam menulis artikel. Pembaca ingin segera ke inti artikel untuk mendapatkan value yang memang mereka cari.

Menulis bukan perkara mudah, tapi untuk memiliki blog yang bervalue anda tidak harus menjadi penulis profesional lho. Meski begitu anda tetap harus paham struktur dasar kalimat yang baik. Hal lain yang juga menunjang contohnya paragraf yang pendek, poin-poin (bullets and numbering), dan konten visual dapat memecah kejenuhan pembaca akan teks yang terlalu panjang sehingga pembaca akan tetap betah.

Tips tambahan untuk meningkatkan tulisan anda:

  1. Selalu berikan value untuk pembaca. Tulis dengan jelas struktur awal, tengah dan penutup artikel.
  2. Buat konten blog anda menarik namun tetap sederhana. Salah satunya gunakan konten visual dengan kualitas tinggi.
  3. Gunakan format heading H2 dan H3 dengan benar. Sisipkan gambar dan list (bullet and numbering) untuk memecah kebosanan pembaca akan teks yang panjang. Per paragraf usahakan tidak lebih dari 4 kalimat.
  4. Buat artikel yang mengundang feedback untuk membangun koneksi dengan pembaca.
  5. Gunakan font yang jelas serta pemilihan warna yang memudahkan pembaca.
  6. Gunakan Bold untuk beberapa teks yang perlu diberikan penekanan.

Blog adalah platform dinamis yang dapat selalu diupdate. Tidak perlu menunggu konten sudah “sempurna”. Publish kapan pun dan optimasi setelah anda temukan kekurangannya.

Membuat Halaman Beranda dan Tentang.

Sebelum launch, blog anda harus punya beberapa halaman penting yang dapat diakses melalui menu navigasi. Menu ini biasanya terletak di bagian atas blog.

Halaman Beranda.

Halaman ini adalah tampilan paling awal dari blog anda. Gunakan halaman ini untuk menjelaskan value yang anda tawarkan untuk calon pembaca, secara singkat dan padat tentunya. Kalau membangun halaman ini dengan tidak tepat, pengunjung pergi dan tidak akan kembali.

Anda bisa membuat halaman ini dengan mudah menggunakan plugin page builder seperti Elementor. Penggunaannya sangat mudah, drag and drop lho.

Beranda yang baik harus terdiri dari:

  1. Gambar Slider atau Hero dengan headline dan subheadline.
  2. Sebuah section yang menceritakan tentang blog anda.
  3. Tombol CTA (Call-To-Action) utama yang mengarahkan pembaca ke halaman penting, artikel, atau formulir opt-in untuk list building.
  4. Beberapa Internal links yang mengarahkan ke konten sehingga memudahkan pembaca berselancar di blog anda.

Halaman Tentang.

Halaman ini harus memaparkan semua tentang anda – siapa anda, apa yang anda inginkan (tentang niche), dan tentang apa blog anda. Dengan ini akan membantu menumbuhkan koneksi lebih dalam dengan pembaca.

Pastikan untuk menulis tentang:

  1. Siapa anda.
  2. Apa yang membuat anda membangun blog.
  3. Latar belakang dan keahlian anda.
  4. Kesulitan yang coba anda selesaikan yang mewakili para pembaca.
  5. Kisah sukses / pencapaian anda.
  6. Tombol CTA (Call-To-Action).

Tips: Tulis konten untuk halaman ini dengan gaya story telling agar pembaca lebih terikat secara personal dengan anda.

Content Planning.

Selanjutnya mau posting artikel tentang apa? Pasti pertanyaan yang muncul demikian.

Konten harus dibuat berdasarkan keyword metrics: volume pencarian, tingkat kesulitan, peluang anda bisa me-rangking keyword tersebut.

Buat dokumen spreadsheet yang terdiri dari beberapa kolom berikut:

  1. Keyword target.
  2. Judul artikel.
  3. Volume pencarian bulanan.
  4. Jumlah kata.
  5. Prioritas.

Menganalisa Konten.

question mark, pile, questions

Anda akan membiasakan diri menggunakan data analytics untuk menganalisa performa konten. Gunakan tools gratis Google Analytics untuk melihat beberapa parameter: jumlah pengunjung, rata-rata waktu yang dihabskan pengunjung di blog, jumlah page views, dan lainnya.

Anda bisa membandingkan jumlah pengunjung pada halaman tertentu untuk periode waktu yang berbeda untuk mengetahui traffic meningkat atau menurun.

Gunakan tools SEO untuk mengetahui ranking artikel dan link yang mengarah ke artikel anda tersebut. Anda bisa lihat keyword apa yang sedang di-ranking, website apa yang menyantumkan link ke blog anda, dan masih banyak lagi.

Mempromosikan Blog.

graph, chart, growth

Untuk sebuah blog baru, hal terbaik yang perlu dilakukan adalah memperbanyak link yang mengarah ke blog anda. Makin banyak link maka Google akan “memperhitungkan” blog anda dan mulai secara otomatis me-ranking artikel baru yang anda publish.

Berikut beberapa strategi terbaik untuk mempromosikan blog:

Guest Blogging.

Singkatnya, anda menulis artikel yang diposting di blog orang lain. Ini salah satu cara terbaik promosi blog dimana anda bisa membangung authority di niche yang anda pilih, bertemu dengan blogger lain, dan mendapatkan backlinks.

Bangun relasi dengan blogger lain dengan mengirimkan email yang menjelaskan keinginan anda ntuk guest blogging. Ingat, kita menyediakan konten yang memberikan value untuk pembacanya. Jadi untuk awal jangan memikirkan benefit dari backlinks yang anda dapatkan dari guest blogging.

Link Building.

Bentuk terbaik dari link building adalah jika situs lain menyantumkan link ke blog anda tanpa anda minta. Enak tohh.

Orang akan menyantumkan link dari sumber terbaik yang mereka temukan untuk konten artikel mereka.

Untuk meningkatkan peluang orang nge-link ke blog anda, konten anda harus unik dan berkualitas. Ini wajib. Lebih lagi bisa tambahkan elemen visual lain seperti infografis, video, statistik, serta studi kasus yang tidak bisa ditemukan di blog lain.

Beberapa strategi link building (PENTING):

  1. Broken link building: Gunakan tools SEO untuk menemukan broken external link dari blog yang se-niche dengan anda. Kirim email ke mereka bahwa anda memiliki konten yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi halaman yang “broken” tadi.
  2.  Link reclamation: Gunakan tools SEO untuk menemukan apakah brand anda disebut dalam artikel. Jika ditemukan di artikel blog lain, hubungi penulis. Sampaikan terima kasih dan cobalah minta agar dicantumkan link ke blog anda.
  3. Link partnerships: Bangun relasi dengan blogger lain yang se-niche dengan anda dan dapatkan backlink dari hasil “pertukaran”  guest posting.
  4. Riset kompetitor: Temukan website yang nge-link ke kompetitor. Buat konten yang lebih baik dan tawarkan sebagai sumber artikel untuk website tersebut.

Rekap, dari artikel ini anda sudah belajar untuk membuat konten yang menarik dan mempromosikan blog. Ingat, jangan tunggu semuanya “sempurna”.

Gimana, siap untuk memulai?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *