Udah 2022 Belum Pakai Asuransi, Masa Iya si?

Masih dalam euforia tahun baruan, tentunya dengan semangat baru yaa. Euforia secukupnya, semangat harus membara, jangan kebalik. Sepakat ya 😀

Berbicara tentang tahun baru pasti erat kaitannya dengan resolusi. Jadi ceritanya kita kudu punya rencana atau goal yang ingin dicapai di tahun baru. Bisa hal baru yang ingin kita capai atau goal tahun sebelumnya yang belum kesampaian. Gapapa lah asal jangan nyerah ya heheh. Jadi gimana? Sudah netapin resolusi tahun baru?

20 Kumpulan Meme Tahun Baru 2021 yang Lucu dan Menghibur
Tahun baru gaboleh loyo gaboleh pusing euy

Apapun itu yang jelas goal yang ingin dicapai pastinya bukan hal sepele yang tidak memerlukan persiapan matang. Oleh karenanya setiap langkah yang ditempuh untuk mencapai goal tersebut harus dibarengi dengan “perlindungan”. Ibarat jika ada satu dua hal yang meleset, si perlindungan tersebut sebagai support plan yang tetap membawa kita ke tujuan yang sama.

Nah, menyongsong semangat tahun baru ini, sudah waktunya kita mulai memahami pentingnya perlindungan pada berbagai aspek kehidupan kita. Yap, udah 2022 udah waktunya melek asuransi guys. Saya yakin kata asuransi bukan kata yang benar-benar baru untuk kita. Bahkan mungkin tiap hari kita tahu kata tersebut dari berbagai sumber. Pasti nemu tuh baliho iklan asuransi yang nyelip diantara kampanye politik kan hihiii

Itu adalah salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang asuransi. So, ijinkan saya membahas tentang pentingnya melek asuransi bagi semua orang. Mulai yuk..

Pengertian Asuransi

Sederhananya, asuransi adalah suatu kontrak atau perjanjian yang melibatkan pihak perusahaan asuransi dan pengguna. Isi perjanjian tersebut berisi kondisi dimana pengguna asuransi dapat meminimalisir kerugian dari peristiwa tidak diinginkan yang menimpanya.

Asuransi untuk kehidupan yang lebih baik

Biar lebih jelas, nanti akan saya beri contoh kasus dimana asuransi sangat berperan penting. Lalu siapa saja sih yang memerlukan asuransi? Apakah kita termasuk?

Jadi begini. Asuransi mengcover kerugian dari kejadian yang tidak kita inginkan. Kita tidak memiliki kontrol penuh akan apa yang terjadi di masa mendatang yang dapat menimpa kita. Semua orang dihadapkan dengan ketidakpastian, dan ketidakpastian hanya dapat dihadapi dengan persiapan. Jadi apakah semua orang dibilang siap jika menghadapi ketidakpastian di masa mendatang jika tanpa “senjata”? Tidak!. Maka jelas, semua orang termasuk kita memerlukan asuransi.

Dengan menggunakan asuransi merupakan langkah untuk menjadikan kita aman secara finansial untuk berbagai permasalahan di kehidupan. Hal ini sangat berperan dalam upaya Anda melakukan financial planning yang tepat.

Alasan Utama Pentingnya Memiliki Asuransi

Setelah tahu apa itu asuransi dan siapa saja yang memerlukannya, kita perlu tahu seberap penting sih utnuk memiliki asuransi? Untuk menjawabnya berikut beberapa poin penting yang perlu dipahami:

Perlindungan Financial

Ketidakpastian akan selalu ada di sekeliling kita dan kita tidak tahu kapan datangnya. Meski berapapun penghasilan dan tabungan yang dimiliki, ketidakpastian akan datangnya masalah akan tetap beresiko bagi posisi finansial Anda. Untuk Anda, keluarga, dan aset Anda, cara terbaik untuk menjadi aman secara finansial adalah menggunakan asuransi.

Beban Resiko

Dengan memiliki kontrak asuransi, pengguna secara tidak langsung membagi porsi beban yang lebih besar ke perusahaan jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Mengalokasikan dana untuk biaya asuransi dapat mengcover dana yang harus dikeluarkan saat terjadi musibah, yang sering kali nilainya jauh lebih tinggi dari yang dibayarkan ke penyedia asuransi. Beban Anda akan jauh berkurang.

Perlindungan Maksimal untuk Keluarga

Harta yang paling berharga adalah keluarga..eh kok nanyi 😀 ~ Keluarga Anda memerlukan support salah satunya dalam bentu materil yang bergantung pada Anda. Karenanya, penting untukmemastikan keluarga sebagai pihak yang terlindungi dari keadaan darurat yang dapat terjadi.

Mengurangi Tekanan disaat Masa-masa Sulit

Kita tidak dapat memperkirakan kejadian yang akan menimpa di masa mendatang. Apapun itu, dapat mempengaruhi kondisi kita secara mental, fisik, dan finansial. Nah dengan adanya asuransi akan membantu mengurangi efek yang disesbabkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misal sakit parah, kecelakaan, dan bahkan kematian. Asuransi berperan menekan kerugian secara finansial sehingga memperkecil stress yang dirasakan pengguna asuransi. Hal ini memudahkan dalam proses recovery pasca kejadian.

Proyeksi Asuransi yang Kedepan akan Diwajibkan

Bebarapa jenis asuransi sudah diwajibkan di negara-negara maju. Sebagai contoh di Jepang sudah mewajibkan asuransi kendaraan bermotor. Membebani? No! Sifatnya yang wajib juga dibarengi dengan kemudahan pengguna untuk melakukan klaim jika terjadi sesuatu terhadap aset kendaraan yang diasuransikan. Nah bagaimana dengan negara berkembang seperti negara kita? Yuk bersiap. Lebih cepat lebih baik ~

Rasa Aman

Ini nih bagian paling priceless. Yes, peace of mind ~ Tidak ada materi yang dapat menggantikan ketenangan hati. Ketika asuransi membantu Anda menghadapi peristiwa yang tidak diinginkan terjadi, maka jelas ketenangan hati Anda akan tetap terlindungi. Sebaliknya jika tanpa asuransi, kerugian materil secara penuh ditanggung sendiri dan otomatis mengganggu ketenangan hati Anda.

Okay saya paham mas. Penting banget ternyata memiliki asuransi ya. Hmm, terus kapan sih mas saya ini butuh asuransi? Udah bener-bener butuh belum yaa…

Ridho (nama samaran)

Sebelum menjawab pertanyaan bung Ridho, apakah Anda juga menanyakan hal yang sama? Masih ragu apakah saat ini Anda sudah memerlukan asuransi atau belum?

Ragu-ragu itu awal dari datangnya rasa yakin

Tahan dulu pertanyaannya. Di awal artikel saya berjanji akan memberikan contoh nyata bagaimana asuransi bekerja. Lanjut ya..

Study Case

Berikut 2 contoh sederhana mengenai bagaimana asuransi dapat memudahkan situasi.

Lisa adalah single parent yang membesarkan seorang putri. Lisa memutuskan untuk membeli mobil bekas dengan pembayaran angsuran. Ia langsung mengambil produk asuransi mobil saat itu juga. Dengan demikian pengeluaran Lisa bertambah Rp 500.000,- setiap bulannya untuk membayar premi asuransi.

Di bulan keempat Lisa mengalami kecelakaan mobil yang mengharuskan mobilnya masuk bengkel. Biaya yang diperlukan untuk reparasi senilai Rp 3.500.000,-. Dalam bulan keempat Lisa telah membayarkan premi total Rp 2.000.000,- ke perusahaan asuransi. Biaya reparasi mobil dicover sepenuhnya oleh perusahaan. Dengan demikian Lisa telah berhemat Rp 1.500.000,- atas kejadian kecelakaan mobil yang menimpanya.

Klaim yang mudah tentunya juga berperan dalam meminimalisir stress yang dialami Lisa atas peristiwa ini. Terima kasih asuransi 🙂

Dimas adalah seorang peternak ayam di desanya. Dia sering keluar kota untuk ikut mengirimkan hasil ternak ke pelanggannya. Dimas adalah seorang dengan mobilitas tinggi.

Suatu hari Dimas divonis positif covid-19. Ia harus segara dirawat instensif di rumah sakit. Beruntung baginya bahwa sebelumnya Ia menyadari pentingnya memiliki asuransi covid-19 di masa pandemi ini mengingat profesinya yang berisko tinggi terjangkit wabah tersebut.

Dengan memiliki asuransi tersebut, Dimas tidak perlu terlebih dahulu menyerahkan surat rujukan dari puskesmas yang mana memerlukan waktu cenderung lama. Ia bisa mendapatkan perawatan sesegera mungkin dan proses yang praktis, sebagai wujud manfaat asuransi yang telah Ia miliki. Smart choice 😉

Nah dari kedua contoh diatas, terlihat bahwa kita harus benar-benar bijak dalam menilai apakah kita sudah memerlukan asuransi. Bingung? Wajar. Menggunakan asuransi adalah keputusan penting, bukan main-main atau sekedar punya-punyaan. Karenanya setiap perusaahan asuransi akan membantu kita dalam memahami kondisi kita. Terus kapan perlunya punya asuransi? Well well…:

The best way to prepare for uncertain moment is having Insurances ~

Kalau menurut saya sih, begitu ada kekhawatiran muncul tentang peluang sesuatu yang buruk terjadi, saat itulah Anda perlu asuransi. Dan yang pasti keputusan untuk mengambil asuransi juga harus dibarengi dengan sejauh mana kemampuan untuk membayarkan preminya ya. Tenang tenang, tidak semua hal harus dipikir sendiri, serahkan saja pada ahlinya. Ahlinya? Siapa? Dimana tuh?

Website untuk Mencari Asuransi

Ini dia ahlinya. Kenalin, Lifepal.co.id yang tidak lain adalah marketplace asuransi nomor #1 di Indonesia. Udah terbiasa kan berselancar di marketplace produk fisik tempat favorit Anda belanja? Nah di Lifepal ini Anda bisa menemukan banyak sekali penyedia asuransi beserta beragam janis asuransi yang ditawarkan. Ini adalah one-stop platform terbaik yang memudahkan kita mencari asuransi yang kita perlukan.

Sampai saat ini Lifepal memiliki pengguna sebanyak 17 ribu individu serta lebih dari 40 partner asuransi yang telah mempercayai Lifepal. Tidak tanggung pula, google review rating yang didapatkan mencapai 4,9 bintang lho. Wow..! Pastinya platform ini sangat membantu masyarakan untuk melek #asuransilfepal

Saya selalu cek review pengguna sebelumnya untuk apapun itu produk yang ingin saya beli dan gunakan. Ini penting, dan nilai yang ditunjukkan Lifepal sangat tinggi dan meyakinkan.

Lebih dari 40 partner asuransi menunjukkan banyaknya pula jenis asuransi yang ditawarkan. Produk asuransi Lifepal meliputi Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Kendaraan, Asuransi Syariah, Asuransi Perusahaan, Asuransi Lainnya. Masi dikategorikan lagi, berikut list asuransi yang disediakan Lifepal.co.id:

Jenis-jenis asuransi di Lifepal, super lengkap.

Belum yakin tentang asuransi mana yang Anda perlukan? Tanya langsung ke ahlinya, gaperlu sungkan yuk klik tombol berikut:

Kalo udah yakin dengan pilihan jenis asuransinya, waktunya mendaftar asuransinya. Yap, semua bisa dilakukan via online lho. Nih coba saya tampilin bagan yang menjelaskan betapa simplenya cara mendapatkan asuransi terbaik via online:

Website

Kunjungi situs lifepal.co.id, pilih kolom jenis asuransi yang diinginkan

Data diri

Isi formulir data diri, seperti jenis kelamin, usia, nomor telepon, dan email. Kemudian klik Tampilkan Pilihan Polis.

List polis

Ikuti langkah-langkah selanjutnya guna melihat polis yang tersedia dan cocok untuk Anda.

Bandingkan

Pilih 3 polis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, kemudian klik tombol Bandingkan pada masing-masing kolom brand.

Pelajari

Klik Bandingkan Produk. Bandingkan dan pelajari manfaat polis.

Beli

Jika sudah memutuskan polis yang ingin dibeli, klik Beli.

Register & Checkout

Registrasi akun dengan mengisi data diri, kemudian klik Check Out.

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk daftar via online, pendaftaran juga dapat dilakukan via telepon. Nih call canter Lifepal yang dapat dihubungi: (021) 3111 6121. Silakan telepon dan konsultasikan keperluan Anda dengan pihak Lifepal sebagai ahlinya yaa..

Jadi gimana, sudah siap untuk mulai menggunakan asuransi? Apapun keputusan Anda, pastikan itu yang terbaik untuk Anda, keluarga, serta aset yang Anda miliki. Semoga apa yang telah saya paparkan di artikel ini membuat para pembaca khusunya saya sendiri semakin melek #asuransilifepal yaa. Yuk sambut 2022 dengan semangat baru dan rasa aman dengan asuransi terbaik dari Lifepal ~

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *