Saatnya ‘Seriusin’ Membangun Bisnis Produk Digital

Assalamualaikum. Halo kawan semoga dalam kondisi sehat semua ya. Sebelum lanjut baca saya ucapin makasih banget udah menyempatkan diri dan nyisihin waktu buat ngunjungin blog personal saya ini. Jadi di kesempatan kali ini saya coba untuk sharing bagaimana awal mula saya ‘iseng’ hingga memutuskan untuk serius dalam membangun aset dalam bentuk bisnis produk digital. Yuk mulai..

Curhat:

Awal mula saya tertarik untuk ‘menghasilkan’ dari internet dimulai tahun 2015 dimana saya waktu itu aktif banget googling dengan keyword “how to make money online”. entah kenapa ya kok kepikiran sampe kesitu. Mungkin gara-gara kalo lagi internetan bosen yang dicari jurnal penelitian terus, maklum mahasiswa hehe. Tahun itu juga saya benar-benar pertama kali bisa menghasilkan earning tepatnya currency trading, tapi saya cuma invest kecil-kecilan ke temen saya yang selanjutnya temen saya banting setir gak ngerjain kayak gituan lagi. Akhirnya pencarian saya berlanjut karena saya gak ada skillnya dan males belajar gituan wkwkw, repot kalo dah males ya.

Nah di fase selanjutnya gak banyak yang bisa saya ceritakan. Soalnya di fase ini saya balik lagi ke awal waktu saya aktif banget nyari-nyari informasi tentang gimana sih menghasilkan dari internet yang paling enak ngerjainnya dan enak hasilnya wkwk. Lho kenapa bisa malah gak produktif gitu sih? Yess, perkuliahan yang menyita waktu, tenaga, pikiran, dan batin yang bikin saya gak take action sama sekali untuk benar-benar menghasilkan. Tapi saya tidak menyalahkan keadaan seperti itu karena memang itu udah jadi kewajiban utama saya, nyelesain kuliah!!

Waktu sibuk garap skripsi pas tahap akhir saya coba untuk masuk lagi ke dunia yang emang saya pengen banget perjuangin dengan harapan kelak saya bisa ‘berdiri tegak’ dari apa yang saya perjuangin tersebut, earning online. Jadi saya coba lagi untuk memulai lagi kali ini sebagai publisher yang monetize pake google adsense. Tapi ya gitu bro namanya newbie yang gak sabaran jadi saya ngejalaninnya pake metode ‘black hat’ biar cepet dapet earning gitu. Alhasil dapet sih dapet tapi karena emang algoritma google yang canggih banget jadi beberapa akun yang saya pake dibanned permanen satu per satu. Kandas lagi dehhh…

Singkat cerita baru di akhir tahun 2018 saya ketemu mas Adhitya Tri di warkop yang setau saya emang beliau nih dah malang melintang di bisnis produk digital baik sebagi vendor maupun affiliate marketer.

Jadi saya beraniin buat tanya-tanya gimana sih kalo mau memulai karir di bisnis produk digital. Dari obrolan singkat waktu itu saya kemudian nyiapin beberapa hal yang disaranin untuk memulainya. Gak lama kemudian saya coba buka facebook lama yang udah berdebu dan dapet informasi tentang kontes affiliate sebuah produk digital.

Yap, itu adalah kontes pertama yang saya ikuti dengan harapan iseng-iseng berhadiah. Saya coba lakuin dengan metode promosi sederhana gratisan hanya menggunakan facebook dengan friendlist yang minim banget, gak nyampe 1000 waktu itu. Namun di hari akhir kontes tersebut saya buka email dan ada pesan masuk yang ngabarin bahwa ada penjualan dari produk tersebut lewat link affiliasi saya. Tepatnya di bulan desember saya menerima pesan tersebut dan mendapatkan komisi penjualan sebesar Rp 320.000 (tiga ratus dua puluh ribu rupiah) karena terjadi penjualan sebanyak 1x untuk produk tersebut. Mantap !!

Berawal dari situ saya lanjut dengan mulai memasarkan beberapa produk digital lain baik dalam periode kontes maupun non-kontes. Namun masalah baru muncul disini bro. Ternyata menjadi marketer produk digital tidak semudah itu ferguso. Bahkan bisa dilihat ada beberapa produk digital yang saya pasarkan sama sekali tidak mendapatkan perhatian dari user facebook lainnya karena memang metode yang saya gunakan sangat sederhana, cuma sebar link pakai status. Kalo udah gitu bisa dipastikan gak akan terjadi sales kan, hmmm berat juga ternyata.

Berangkat dari hambatan yang ditemui, akhirnya saya memutuskanuntuk belajar lebih dalam lagi tentang produk digital, mulai dari affiliate juga sebagai vendor. InsyaAllah semua yang sudah pernah terjun sebagai affiliate marketer gak akan nolak kalau suatu hari nanti bisa naik kelas sebagai vendor produk digital. Belajarnya dimana? Kalau mau fokus tentang affiliate dan vendor produk digital saya belajar di 1 tempat, Promastery, produknya mas Adhit. Cukup. Mau liat detail Promastery? Klik link berikut:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *